Launching SSK SMPN10 Salatiga

Salatiga – 26 Juli 2023, SMP Negeri 10 Salatiga bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3APPKB) melaksanakan Launching Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) pada hari Rabu (26/07/2023). Peserta kegiatan launching yang berpusat di lapangan SMP Negeri 10 Salatiga ini meliputi: Pj Wali Kota Salatiga yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Salatiga Ibu Ir. Wuri Pujiastuti, M.M.,  Kepala BKKBN Jawa Tengah yang diwaliki oleh Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Jawa Tengah Ibu Dra. Farida Sumarlin, Kepala Dinas P3APPKB Kota Salatiga yang diwakili oleh Sekretaris Dinas P3APPKB Kota Salatiga Ibu Chotik Haryanti, S.H., Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Salatiga Ibu Dra. Siti Nur Sholikah, Ketua Komite SMP Negeri 10 Salatiga Bapak Rochadi, S.H., M.M., Seluruh Kepala Sekolah Menegah Pertama Negeri dan Swasta Kota Salatiga, Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Negeri 10 Salatiga, dan seluruh murid SMP Negeri 10 Salatiga. Selain itu, Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 2 Salatiga dan Duta Kependudukan SMA Negeri 2 Salatiga yang mengimbaskan SSK kepada SMP Negeri 10 Salatiga.

Sebelum kegiatan dimulai, tamu undangan disambut dengan Tarian Jaranan oleh murid SMP Negeri 10 Salatiga. Acara selanjutnya pembukaan yang dilakukan oleh pembawa acara, Bapak Yoga Mustofa, S.Pd. dan Ibu Rr. Ezry Muyasyaroh, S.Pd. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sekaligus mendengarkan Mars Keluarga Berencana. Acara selanjutnyaa pembacaan SK Penetapan SMP Negeri 10 Salatiga sebagai Sekolah Siaga Kependudukan oleh Ibu Chotik Haryanti, S.H. selaku Sekretaris Dinas P3APPKB Kota Salatiga. Dilanjutkan dengan sambutan kepala SMP Negeri 10 Salatiga, Ibu Ratna Dhianawati, S.Pd., M.Pd. Acara selanjutnya penampilan Dalang Cilik oleh Inaz dan Rama, Drama Katakan Tidak pada Pernikahan Dini dan Jingle Ojo Kawin Bocah oleh Murid SMP Negeri 10 Salatiga. Dilanjutkan dengan sambutan dari BKKBN Jawa Tengah yang diwakili oleh Ibu Dra. Farida Sumarlin selaku Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Jawa Tengah. Acara selanjutnya sambutan dan launching SSK di SMP Negeri 10 Salatiga oleh Pj Wali Kota Salatiga yang diwakili oleh Ibu Ir. Wuri Pujiastuti, M.M. selaku Sekretaris Daerah Kota Salatiga. Dilanjutkan penandatanganan Deklarasi Sekolah Siaga Kependudukan oleh Pj Wali Kota Salatiga yang diwaliki oleh Sekretaris Daerah Kota Salatiga Ibu Ir. Wuri Pujiastuti, M.M.,  Kepala BKKBN Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Jawa Tengah Ibu Dra. Farida Sumarlin, Kepala Dinas P3APPKB Kota Salatiga  yang diwakili oleh Sekretaris Dinas P3APPKB Kota Salatiga Ibu Chotik Haryanti, S.H., Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Salatiga Ibu Dra. Siti Nur Sholikah, dan Kepala SMP Negeri 10 Salatiga. Dilanjutkan kunjungan ke Pojok Kependudukan yang berada di depan perpustakaan SMP Negeri 10 Salatiga. Acara selanjutnya motivasi dari Kepala Dinas P3APPKB Kota Salatiga  yang diwakili oleh Sekretaris Dinas P3APPKB Kota Salatiga Ibu Chotik Haryanti, S.H., dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Salatiga Ibu Siti Nur Sholikah.

Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana dalam mata pelajaran yang didalamnya terdapat pojok kependudukan (population corner) sebagai salah satu sumber peserta didik dalam upaya pembentukan generasi berencana.

Bagikan ke :

By smpn10