Bunga Kertas 1

Bougainvillea

Bunga ini mempunyai nama ilmiah Bougainvillea. Tanaman hias bougenville sering ditanam di taman kota atau pekarangan, perkantoran, dan perumahan. Oleh karena perawatannya yang tergolong mudah, maka banyak orang Indonesia memilih tanaman ini sebagai penghias taman.

Berasal dari Amerika Selatan, tanaman ini sering ditanam di taman dan kawasan perumahan. Pada waktu tanaman ini berbunga, tanaman ini mempunyai kebiasaan merontokkan beberapa daunnya. Bentuknya adalah pohon kecil yang sukar tumbuh tegak yang memiliki seludang bunga. Tanaman ini disebut bunga kertas karena bentuk seludang bunganya yang tipis dan mempunyai ciri – ciri seperti kertas. Nama Inggris bunga ini adalah bougainvillea yang diambil dari nama Sir Louis Antoine de Bougainville, seorang prajurit angkatan laut Prancis. Antara jenis bunga kertas tersohor antara lain Bougainvillea ‘Elizabeth Angus’, Bougainvillea ‘Red’, Bougainvillea Pultonii, Bougainvillea ‘Easter Parade’, dan Bougainvillea ‘Lady Mary Baring’.

Manfaat

Walaupun tanaman ini berukuran kecil dan berbentuk corong, tetapi memiliki banyak manfaat. Contohnya saja untuk hiasan rambut, campuran bunga untuk upacara siraman, dan sebagai kegunaan di upacara pemakaman bagi bangsa Tiongkok dan India.

Tarikan mempesona bunga ini menjadi perbincangan penduduk di negara kita karena terkesan dengan bentuknya dan warnanya yang menarik hati. Warna bunga ini terdiri dari berbagai macam warna, seperti jingga, merah menyala, merah jambu, merah pucat, kuning, ungu, putih, dan berbagai campuran warna.

Sedikit perawatan ringkas, penyiraman air dan pemupukan sempurna mampu mengembalikan kesegaran tanaman bunga kertas ini dalam jangka waktu kurang dua minggu. Dan jika ingin tanaman bunga kertas ini berbunga seterusnya, kita hanya perlu mengurangi pemberian air dan pupuk lantas meletakkan pot tanaman di tempat yang terkena sinar matahari.

Klasifikasi tanaman

Kingdom              : Plantae

Sub Kingdom       : Viridiplantae

Divisi                    : Tracheobionta

Sub Divisi              : Spermatophyta

Kelas                     : Magnoliopsida

Ordo                      : Caryophyllanae

Famili                    : Nytaginaceae

Genus                   : Bougainvillea.

Spesies                 : Bougainvillea spinosa, Bougainvillea buttiana,

Literasi Numerasi

Perhatikan pohon bunga kertas / bugenvile

Bunga ini berbentuk gapuran dengan atap berbentuk setengah lingkaran dengan seperti ada pada gambar

Tentukan luas bangun tersebut !

Cara pengerjaan

  1. Tentukan luas permukaan setengah lingkaran ( 1 ) dengan rumus : L = 1/2 X Luas Lingkar
  2. Tentukan luas permukaan persegi ( 2) dengan rumus L = p.l
  3. Kemudian jumlahkan hasil bangun (1 ) dan (2)
RUMUS SETENGAH LUAS LINGKARAN