Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) 2015-2016

Salatiga, 28/7 (BeritaNetensa) – Hari ini, Selasa (28/7) di SMP Negeri 10 Salatiga sebagaimana sekolah-sekolah yang lain, mengadakan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) yang berlangsung selama empat hari, yakni hari Kamis, Jumat, Sabtu, dan Selasa (28/7)
Berkenaan dengan hari pertama memasuki tahun ajaran baru 2015/2016. Jumlah siswa yang terdaftar di SMP Negeri 10 Salatiga ada 230 siswa. 
Kegiatan tahun ini berbeda dengan tahun lalu karena semua materi disampaikan secara internal dari sekolah dan di setting berbeda dengan melibatkan anggota TNI, POLRI, Dinas Kesehatan Kota (DKK).
Untuk hari pertama diisi materi dari TNI, unsur-unsur yang tampak, satu diantaranya menanamkan karakter bangsa. Dari POLRI, diisi materi disiplin berlalu lintas, seperti disaksikan di lapangan, bagaimana parahnya pengguna jalan, oleh karena itu penting disampaikan ilmu disiplin berlalu lintas.
Dari DKK, mengisi materi pendidikan bagi anak putri pada masa menstruasi termasuk pola-pola kesehatan yang lain khususnya di sekolah-sekolah, karena masa anak-anak merupakan masa transisi.
Kemudian ada wawasan wiyata mandala yang akan disampaikan dari guru-guru SMP Negeri 10 Salatiga. Bagaimana merawat dan menjaga lingkungan yang digelar selama tiga hari kedepan.
“Untuk pembagian kelas sudah disetting 8 rombongan belajar belum menggunakan nama kelas VII, tetapi masih menggunakan nama-nama Pahlawan,” ujarnya.
Ada kelas Diponegoro, lanjutnya, ada kelas Ki Hajar Dewantara dan seterusnya. Ini juga bermakna karena anak-anak dikenalkan dengan nama-nama pahlawan. Mereka akan belajar dengan nilai-nilai nasionalisme di dunia pendidikan.
Personil yang diterjunkan dari lingkup eksternal sekolah ada TNI, POLRI, dan DKK. Dari internal sekolah ada guru, pengurus sekolah, pengurus OSIS dalam memandu dan menanamkan pendidikan.